Bukan suatu kebetulan, aku dan teman-teman pernah menanam sedikit sayur pakcoy di halaman samping kantor. Dan pakcoy ini sudah pernah dipanen juga. Meskipun tidak banyak, disini kami bisa merasakan pakcoy hasil  dari menanam sendiri.

Hasil panen pakcoy itu, aku masak dengan dicampur mie instan. Cara masaknya mudah, yaitu dengan mendidihkan air, kemudian masukan mie hingga setengah matang. Setelah itu air rebusan dibuang dengan tujuan untuk mengurangi efek bahan pengawet, yang ada dalam mie yang
disinyalir bisa berbahaya jika dikonsumsi terlalu sering. Nah, setelah air rebusan pertama dibuang, rebus kembali dengan air baru hingga matang. Kemudian masukan sayur pakcoy. Setelah pakcoy mulai layu, dan tidak terlalu matang, tuangkan ke mangkok kecil kemudian beri bumbu. Untuk menambah rasa tambahkan kecap dan saos cabe atau tomat. Sesuaikan dengan selera lidah masing-masing yeaa... wow!!! Yummy....

Menurutku makan mie rebus paling enak jika dimakan ketika cuaca sedang dingin.. mmmm anget... nyam-nyam. Mie Coy alias Mie Pakcoy (ngarang... haha). Kalau malas masak... bisa membeli nya di penjual mie rebus. Tapi apakah kita bisa menjamin bahwa cara pengolahan dan sumber bakan bakunya aman.?

Mengingatkan kembali, bahwa makanan yang harus kita konsumsi itu  haruslah B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) Sebenarnya mie yang dimasak komposisi kandungan gizinya kurang lengkap , karena tidak ditambahkan bahan makanan yang mengandung sumber protein, seperti telor, daging atau ikan. Tapi...., sumber protein tadi aku ganti dengan meminum segelas susu coklat. Nah... sekarang lengkaplah kandungan gizinya. Kombinasi makanan yang sempurna... porsi sesuai lah untuk satu waktu makan. Jika tidak sesuai porsinya, dialihkan saja kekuranganny ke waktu makan yang lain.Jangan sampai berlebih, itu bisa menyebabkan tumpukan lemak di badan kita...

Sudah tau belum, kenapa pakcoy baik dikonsumsi oleh tubuh kita. Kebaikan si sayur Pakcoy  ini diantaranya adalah:
  
Mengandung FOLAT yang membantu pembetukan sel darah merah dan mencegah anemia.
Sayur pakcoy mengandung folat. Asam folat adalah vitamin yang larut dalam air. Folat ini berfungsi membentuk sel darah merah dan mencegah anemia. Selain itu juga  dapat mencegah cacat tabung saraf, kelainan pembentukan otak atau kemungkinan terjadinya kelainan tulang belakang pada janin. Sayur pakcoy sangat cocok dikonsumsi untuk ibu hamil.

Mengurangi Kolesterol dan Melancarkan Pencernaan.
Serat-serat yang ada dalam sayur pakcoy akan mengikat asam empedu penyabab kolesterol, kemudian mengeluarkannya bersama kotoran. Semakin tinggi konsumsi serat, semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh.

Mengandung Vitamin A. untuk menjaga Kesehatan Mata
Sayur pakcoy mengandung vitamin A yang cukup tinggi. 84,9% kebutuhan tubuh akan Vitamin A dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi satu cangkir pakcoy. Vitamin A ini berfungsi juga menjaga agar kornea mata selalu sehat.

Mengandung Vitamin K yang membantu proses pembekuan darah.
Vitamin K banyak terkandung pada sayur pakcoy. Vitamin K ini selain membantu proses pembekuan darah, juga dapat membantu mencegah penyakit parah seperti jantung dan stroke. Karena Vitamin K juga mampu melakukan pengaturan protein tulang dan kalsium dalam tulang dan darah, dengan mengkonsumsi pakcoy dapat menjaga tulang dari proses osteoporosis.

Mengandung Vitamin E, untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan.
Bagi yang selalu ingin awat muda, perbanyaklah mengkonsumsi sayur pakcoy. Kandungan Vitamin E yang ada pada PakCoy dapat berfungsi sebagai antioksidan yang berperan baik dalan mencegah penuaan.

Mengandung Vitamin C untuk pembentukan kolagen.
Kandungan vitamin C yang ada pada pakcoy hampir setara dengan jeruk, yang mampu membantu pembentukan kolagen interseluler. Kolagen merupakan senyawa protein yang banyak terdapat pada tulang rawan, kulit bagian dalam tulang dan dentin gigi.

Ternyata banyak juga ya kebaikan yang diberikan sayur pakcoy ini. Setelah tau manfaat  ini, tertarik dong untuk mengkonsumsinya?? ...

Untuk bisa mengkonsumsi sayur pakcoy tiap hari. Sebaiknya kita menanam sendiri. Ga punya lahan? Tenang aja... kita bisa memanfaatkan halaman yang sempit.  Dengan menanam sendiri, pakcoy yang dikonsumsi akan lebih terjamin keamanannya. yang pasti bebas pestisida.

Sayuran pakcoy termasuk jenis sayuran yang berumur pendek. Biasanya umur tanam pakcoy adalah 45 hari. Pakcoy bisa tumbuh baik didataran rendah dan dataran tinggi.  Syarat tanam yang perlu kita ketahui adalah pH tanah berkisar antara 5.5 – 6, dengan areasi lahan sempurna dan cukup mendapatkan sinar matahari


Menanam pokcoy yang pernah aku praktekan cukup sederhana. Mengingat lahan yang terbatas. Maka lebih mudah menanam pakcoy dalam polybag.

Penyemaian.
Dengan menggunakan baki persemaian yang diisi dengan media tanam, disini diisikan untuk satu kotakan dengan satu biji benih pakcoy. Waktu menyemai kurang lebih satu minggu.

Penyiapan Media Tanam.
Media tanam seperti biasa, merupakan campuran dari tanah, pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1:1:1. Media tanam ini kemudian dimasukan kedalam polybag yang berukuran 20 cm.

Penanaman.
Bibit pakcoy siap dipidahkan kedalam polybag, jika telah memiliki 3 sampai 5 helai daun. Ciri-ciri bibit yang sehat adalah batangnya tumbuh dengan tegak, daunnya berwarna hijau segar, serta tidak terserang penyakit atau hama.

Pemeliharan.
Lakukan penyiraman secara teratur, jika cuaca panas dan kurang hujan. Lakukan penyiraman di pagi dan sore hari. Pakcoy merupakan sayuran yang sangat bergantung pada air. Selain itu, lakukan juga penyiangan, jika ada tanaman penganggu atau gulma di dalam polybag tanaman pakcoy.


Panen.
Pakcoy siap dipanen setelah berumur 45 hari. Cara panen sangatlah mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Cabut batang bagian bawah pakcoy dengan hati-hati. Bersihkan dengan air bersih.

Mudah sekali bukan, menanam sendiri sayur pakcoy...

Mengatahui manfaat dari kebaikan pakcoy, cara menanam pakcoy serta mengolahnya terbukti tidaklah sulit. Semoga Bermanfat !!


Daftar Pustaka
http://1001budidaya.com/budidaya-pakcoy/

http://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur/30760-rahasia-ajaib-sawi-hijau-sendok-atau-pak-coy.html