Mewujudkan Impian Ke Makassar


Bulan September yang lalu saya merasakan kecewa yang amat sangat. Pasalnya sebagai PNS, saya mentargetkan untuk bisa naik pangkat di Bulan Oktober ini. Semua persyaratan untuk naik pangkat sudah saya lengkapi, kewajiban sudah ditunaikan. Namun karena kelalaian pihak yang bertanggung jawab mengurus kenaikan pangkat, saya beserta 20 orang teman saya yang lain gagal untuk mendapakan hak naik pangkat.




Tanpa fikir panjang, pada akhir bulan september yang lalu, saya putuskan untuk traveling ke Makassar. Tidak tanggung-tanggung saya mengajukan cuti kerja selama lima hari. Niatnya sih ingin menghapus rasa kecewa di hati.

Sebenarnya sudah dari sejak dua tahun yang lalu saya bermimpi untuk bisa mengunjungi Makassar. Dan impian itu baru bisa terwujud di Bulan September 2016 ini. Saya juga pernah menuliskan di Blog ini tentang mimpi ingin ke Makassar di  tulisan yang berjudul “Andai Bisa Terbang Gratis, Pengen Terbang Ke Makassar.. Ngabuburit denganmu” . Semua hal yang saya impikan, hal yang ingin saya lakukan, hampir semuanya dapat terwujud. Seperti melihat sunset di pantai Losari, mencicipi Coto Makassar dan Es Pisang Ijo, Berkunjung ke Mesjid Amirul Mukminin dan mengunjungi Trans Studio Makassar.


Selfi di depan Mesjid Amirul Mukminin

Wisata Kuliner Khas Makassar

Saya sangat bersyukur bisa mewujudkan mimpi travelling ke Makassar. Berkat bantuan seorang teman dari Makkasar, saya bisa menjelajah Kota Makassar dan Maros. Selain itu, saya bisa mencicipi Kuliner khas Makkasar. Karena travelling ini, rasa kecewa dihati sedikit demi sedikit akhirnya bisa hilang.
                                                                                                                                   
Travelling  merupakan obat yang mujarab untuk menghilangkan rasa kecewa saya. Bagi saya travelling banyak manfaatnya. Karena travelling saya bisa melepas lelah, bersantai, menikmati suasana baru di tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya, merasakan pengalaman baru, melupakan pekerjaan sehari-hari yang kadang membosankan dan membuat jenuh, serta saya bisa me-refresh kembali fikiran saya.

Menurut Dr Margaret J. King, direktur Center for Cultural Studies & Analysis, beliau mengatakan bahwa “Travelling memiliki banyak manfaat, yang paling menonjol adalah menghilangkan stress.” Selain itu juga beliau mengatakan bahwa : “Manusia selalu menginginkan hal-hal baru, dan travel menawarkan paket komplit karena bisa melihat wajah baru, mendengar suara dan pemandangan yang belum pernah dilihat sebelumnya”. 

Sunset di Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan

Jadi, yuk kita travelling. Yah minimal satu tahun sekali. Travelling tidak perlu ke tempat yang jauh. Dan juga tidak harus selalu menghabiskan biaya yang mahal. Yang penting tempat yang kita kunjungi ketika travelling bisa memberikan kebahagian untuk kita.

Alhamdulilah ketika saya travelling ke Makassar, saya mendapatkan sponsor, sehingga biaya yang saya keluarkan tidak terlalu besar. Ada seorang teman yang baik hati, sehingga semua akomodasi ketika saya berada di Makassar . Semoga Allah membalas semua kebaikannya. “Tidak ada balasan untuk kebaikan, kecuali kebaikan”. (QS. Ar-Rahman : 60)

Tapi tidak mungkin dong setiap travelling akan ada yang selalu memberi sponsor kepada kita. Jadi kita harus bisa menabung dan pandai-pandai merencanakan pengeluaran biaya untuk travelling yang akan kita lakukan. Yang harus kita perhatikan ketika travelling adalah jumlah dana yang kita miliki. Jika kita travelling ke tempat yang jauh, tentu memerlukan biaya transportasi, biaya penginapan dan akomodasi lainnya. #TravellingHemat bisa menjadi salah satu pilihan.

Jika jumlah dana yang kita miliki terbatas, kita bisa mensiasati dengan melakukan #TravellingHemat. Misalnya jika kita travelling menggunakan pesawat, kita bisa memilih tanggal dimana harga tiket pesawat sedang promo atau discount. Nah yang harus mendapatkan perhatian lainnya ketika travelling, yaitu masalah tempat menginap. Jika kita travelling ke luar daerah yang jauh. Tidak mungkin juga dong kita asal menginap di tempat yang meragukan. Karena akan mengganggu kenyamanan saat  travelling.

Untuk mendapatkan penginapan yang nyaman dan sesuai dengan anggaran yang kita miliki, kita bisa menggunakan aplikasi pencari hotel. Disini kita bisa mendapatkan informai tentang harga, lokasi serta fasilitas hotel yang kita inginkan. Sangat mudah sekali. Aplikasi pencari hotel juga banyak. Saya sarankan, pilihlah aplikasi yang banyak penggunanya, dan memberikan testimoni atau rating yang bagus juga.

Yuk kita menabung untuk mewujudkan impian #TravellingHemat. Kalau saya sudah mulai menabung dong... Nah bagaimana dengan teman-teman pembaca? Jika saya  suatu saat memiliki rejeki untuk bisa Travelling, saya ingin mengunjungi Lombok, Nusa Tenggara. Saya belum pernah kesana dan saya ingin mengunjungi tempat-tempat eksotis yang ada disana. 

My Life My Adventure