Kreasi Olahan Ikan Bakar Cepa

Sebelumnya saya tidak tahu ikan cepa. Baru tahu ikan cepa ketika saya makan di Rumah Makan Seafood Paotere yang ada di Jalan Sabutung No 46 Makassar. Ini merupakan ikan yang langka bagi saya. Karena saya belum pernah memakan atau mendengar tentang ikan Cepa. Karena penasaran, saya mencari informasi di internet tentang Ikan Cepa ini. Bisa dibilang   Ikan Cepa merupakan ikan khas daerah Sulawesi Selatan. Ikan ini banyak terdapat di perairan pantai Sulawesi Selatan. Nama lain dari Ikan Cepa  yang umum dikenal masyarakat adalah Ikan Kuwe.

Rumah makan Paotere menyediakan berbagai jenis ikan laut segar seperti Bandeng, Cepa, Sunu, Kareke , Kakap dan Baronang. Kreasi olahan yang ditawarkan sederhana. Pengolahannya ada yang dibakar dan ada yang  digoreng . Sebagai penambah cita rasa , disini disediakan pilihan sambal  yang beraneka ragam.

Di Rumah makan seafod ini, pembeli bisa memilih langsung ikan segar yang akan dimakannya. Baik itu jenisnya, ataupun ukurannya. Saya memilih ikan Cepa yang ukurannya besar (lapar mata, hehe). Saya memang suka makan ikan, karena saya tahu bahwa ikan itu baik bagi kesehatan tubuh saya.


MANFAAT MEMAKAN IKAN BAGI TUBUH

Inilah 13  Manfaat memakan Ikan bagi tubuh kita (http://manfaat.co.id/manfaat-ikan-laut) :
1.   Mengatasi masalah pencernaan
2.   Merangsang pertumbuhan dan daya kembang otak
3.   Mengontrol kolesterol tubuh agar tetap normal yang berasal dari manfaat omega 3
4.   Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit
5.   Menurunkan resiko penyakit degeneratif
6.   Menjaga kesehatan mata
7.   Baik untuk pertumbuhan tubuh
8.   Membantu menghasilkan energi untuk aktivitas sehari-hari
9.   Mencegah migrain di kepala
10. Mencegah dan menyembuhkan anemia
11. Membantu pembentukan enzim dan hormon tubuh
12. Mencegah penyakit gondok
13. Mencegah penuaan prematur

Nah , sekarang kita sudah tahu dong,  Ikan ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Nah, kebetulan  saat ini  pemerintah juga  sedang gencar mengajak masyarakatnya untuk “Gemar Makan Ikan”. Mengingat potensi ikan di Indonesia sangat besar. Karena Indonesia memiliki wilayah laut yang luas.  Tentunya kita harus mendukung harapan  yang ada dalam program pemerintah ini. Sehingga SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia, selalu sehat, cerdas dan tidak kalah bersaing dengan SDM  dari luar negeri.


KREASI OLAHAN IKAN CEPA BAKAR

Olahan ikan cepa yang di hidangkan di rumah makan Paotere memang sederhana. Disini Ikan dibersihkan, kemudian di olesi sedikit bumbu dan dibakar. Sebagai pelengkap menu ikan bakar ini disediakan juga makanan pendamping lainnya (gratis). Menu  lainnya ini seperti sambal (saos) kacang tanah, sambal rica-rica, acar irisan buah mangga, irisan jeruk nipis,  timun dan kemangi segar, dan satu mangkuk sayur( mirip sayur lodeh yang dalamnya berisi kacang panjang, kol dengan kuah santan). Tidak lupa juga nasi sebagai makanan pokoknya.

Penyajiannya sederhana, tidak seperti restoran bintang lima. Tapi setelah saya menyantap habis. Rasanya luar biasa nikmat. Sebelum benar-benar mencicipi ikan nya, aroma nya sudah menggoda hidung saya. Tidak tahan lidah ini ini untuk segera mencicipi.

Daging ikan cepa berwarna putih, teksturnya empuk, dagingnya gurih tapi tidak berbau amis. Didalam daging juga tidak ada duri  yang halus yang tajam, sehingga tidak perlu khawatir mulut akan tertusuk duri ketika mengunyah. Daging ikan dan duri yang besar mudah dipisahkan, jadi tidak ribet untuk memakannya

Memakan ikan bakar cepa yang polos saja tanpa bumbu tidak akan maknyus dong (hehe). Nah, santapan ikan bakar cepa ini berasa tambah lezat ketika dicolek atau diolesi  sambal.  Pilihan sambalnya ada rica-rica dan kacang tanah. Jika ingin merasakan asam yang menyegarkan di mulut, dan menghilangkan kantuk,  santap saja  bersamaan dengan acar irisan mangga.  Dijamin akan membuat dahi kita "mengkernyit", karena rasa asam mangga (hehe).  Sensasi aneka rasa yang bervariasi terasa pecah di mulut. Wow!  maknyus, enak banget deh.  Pedas dari sambalnya pas. Racikan bumbunya membangkitkan selera makan.  



KENALI APA YANG DIMAKAN DAN KETAHUI MANFAATNYA

Manusia membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup. Makanan bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tapi makanan juga bisa menjadi sumber penyakit bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, pastikanlah bahwa makanan yang kita makan itu bergizi. Selain bergizi juga harus aman untuk dikonsumsi.

Nah, Olahan Ikan Bakar yang saya santap sederhana tapi gizi yang dikandungnya beragam dan cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Kenapa lengkap? Karena unsur gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral terpenuhi. Jadi selain enak dilidah, dengan memakan ikan cepa ini saya bisa mendapatkan manfaatnya juga.

Manfaat Gizi Bagi Tubuh  ada 3 :
1.   Sebagai penghasil energi tubuh. Zat sebagai penghasil energi yang terkandung dalam makanan
      adalah karbohidrat, protein dan lemak
2.   Sebagai pembentuk sel jaringan tubuh. Zat gizi yang berperan adalah air, mineral dan protein.
3.   Sebagai pengatur fungsi dari reaksi biokimia dalam tubuh. Yang berperan disini adalah vitamin

Nah saya akan mencoba mengenali dan mengurai manfaat dari Hidangan Ikan Cepa Bakar ini. Disini keragaman gizinya bisa diurai secara sederhana. Kita bisa mengelompokan makanan yang kita makan sesuai dengan kandungan gizinya.

1.   Sumber Karbohidrat : Nasi
2.   Sumber Protein Hewani  dan lemak : Ikan Cepa bakar
3.   Sumber protein nabati : sambal kacang
3.  Sumber vitamin dan mineral : Timun dan kemangi segar, acar irisan mangga, jeruk nipis dan
                                                      sayur lodeh. Sambal rica-rica, ikan cepa

Yang saya uraikan diatas tentunya masih umum belum sempurna. Karena jika ingin lebih sempurna harus memperhitungkan juga faktor kebutuhan dari jumlah makanan tiap orang. Kebutuhan gizi per orang dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, dan aktivitas sehari-harinya. Tapi meskipun demikian secara keseluruhan, komposisi gizi dari Hidangan Ikan Bakar Cepa ini, sudah cukup lengkap meskipun belum terukur komposisi dan satuannya.




JELAJAH GIZI MINAHASA 2016

Saya mengetahui informasi tentangi Jelajah Gizi Minahasa di beranda facebook teman blogger. Jelajah Gizi adalah jalan-jalan unik untuk memperkenalkan keanekaragaman makanan khas daerah sekaligus mempelajari sejarah dan budaya yang melatar belakanginya.

Jika berandai-andai, akan sangat bermanfaat bagi saya, jika bisa menjadi bagian dari 10 petualang gizi bersama Nutrisi Untuk Bangsa yang diadakan oleh Sarihusada.  Sarihusada adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui dan anak dengan rasa enak, terjangkau serta berstandar Internasional. Awal beroperasi pada tahun 1954. Sarihusada merupakan wujud nyata dari Program Kecukupan Protein Nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia bersama Perserikatan Bangsa-bangsa. (PBB)

Akan menjadi suatu kebanggan bagi saya, andai bisa menjadi salah satu petualang Jelajah Gizi. Dalam kegiatan ini saya bisa mempelajari hal baru, seperti proses pembuatan suatu hidangan khas Minahasa dan belajar lebih mendalam juga tentang kandungan gizinya.  Selain itu ilmu yang saya peroleh di Jelajah Gizi bersama Nutrisi Bangsa ini dapat diimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari  saya sebagai pelayan masyarakat.

Ketika saya di Makassar bulan September lalu. Saya memiliki mimpi untuk bisa menjelajah 6 Provinsi yang ada di Pulai Sulawesi. Salah satunya adalah Menado yang berada di Sulawesi utara. Menado memiliki daya tarik baik dari pesona alamnya ataupun kulinernya.

Jika saya berkesempatan ke Menado bersama Sarihusada saya ingin mencicipi rasa asli dari Bumbu Rica-Rica langsung dari Menado. Cita Rasa makanan pasti akan berbeda jika bisa menyantap langsung di tempat asalnya. Selain itu juga ingin merasakan bubur menado yang terkenal. Bubur Menadonya “Norman Kamaru”  juga boleh. Hehe.


Pasti akan menjadi suatu pengalaman seru yang berharga, jika bisa menjadi salah satu dari 10 petualang di Jelajah Gizi 2016. Dan saya bersyukur karena lahir di bumi Indonesia yang memiliki keindahan alam yang mempesona, dan juga ragam kuliner yang bisa memanjakan lidah kita. Dengan adanya Nutrisi Untuk Bangsa dari Sarihusada, semoga Indonesia bisa menjadi Bangsa Besar yang Sehat dan Sejahtera.


Budayakan Gemar Makan Ikan, Supaya Kita Menjadi Lebih Sehat dan Cerdas





Daftar Pustaka:
http://manfaat.co.id/manfaat-ikan-laut
http://www.caramedis.com/pengertian-gizi-dan-manfaatnya-bagi-tubuh-manusia/
http://www.slideshare.net/thrisharsono11/kimia-kepiting-bakau-ikan-kuwe-dan-ikan-kerapu