Seorang teman pernah bercerita bahwa dia pernah mengantar saudaranya ke rumah sakit untuk dioperasi pengangkatan tumor di bagian kepalanya. Tumor yang dioperasi ini awalnya merupakan tahi lalat kecil. Namun  setelah beberapa tahun  membesar hampir sebesar telur ayam. Sekarang karena sudah dioperasi, saudara dari teman saya ini sudah sembuh.

Dari cerita teman saya ini, saya jadi was-was juga. Karena di badan saya juga ada beberapa tahi lalat yang awalnya kecil, sekarang menjadi agak membesar. Tahi lalat ini posisinya ada di punggung. Nah untuk memastikan apakah tahi lalat ini tidak berbahaya,  saya putuskan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Berdasarkan diagnosis dokter, tahi lalat yang ada di badan saya bisa jadi merupakan gejala melanoma (baru dugaan, masih menunggu hasil test lab). Tapi dari sini saya jadi tahu bahwa tahi lalat yang ada di punggung  ini ternyata bisa menjadi awal penyakit yang mematikan jika tidak ditangani sejak dini. Namun, karena tahi lalat ini ukurannya masih kecil, jadi masih bisa dikatakan tidak berbahaya.

Untuk pencegahan, Dokter menyarankan tahi lalat yang ada di punggung saya untuk segera di operasi (biopsi eksisi). Biopsi eksisi dilakukan untuk menghilangkan seluruh tahi lalat pertanda melanoma yang tumbuh di kulit.  Tepatnya dua minggu yang lalu saya menjalani operasi kecil di punggung, dan tahi lalat nya sudah berhasil dihilangkan. Sekarang ini saya masih dalam tahap penyembuhan dan menunggu hasil laboratorium. Semoga sih tidak ganas (menurut dokter saya, hehe).

Dari kejadian ini saya jadi penasaran dengan penyakit yang saya alami. Untuk mengetahui apa itu Melanoma? Dan seberapa bahayanya saya mencari tahu di Mbah Google.

Berdasarkan informasi dari internet di www.aladokter.com , Melanoma adalah jenis kanker yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Melanin berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan. Kemunculan tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada, biasanya merupakan pertanda gejala melanoma. Tahi lalat ini biasanya tumbuh di wajah, tangan, punggung dan kaki.

Nah berdasarkan informasi di website itu, dikatakan juga bahwa melanoma ini jenis kanker kulit yang jarang, tapi sangat berbahaya. Dan yang lebih banyak terserang adalah kaum hawa yang berusia di bawah 4 tahun. Duh serem juga ya...

Tahi lalat yang ada di punggung saya, bentuknya tidak beraturan, diameternya kurang lebih 1 cm, dan warnanya juga agak kemerah-merahan. Kadang gatal dan kadang berair. Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dan  membaca informasi di www.aladokter.com, yang saya alami mirip dengan gejala melanoma. Untunglah sudah bisa dideteksi sejak dini.

Nah, jika anda memiliki tahi lalat yang agak aneh, maka waspadalah! Berikut adalah ciri-ciri tahi lalat yang menjadi pertanda dari Melanoma:

CIRI CIRI GEJALA MELANOMA

Bentuk Asimetris
Jika di badan anda ada tahi lalat yang bentuknya tidak mulus dan asimetris, patut dicurigai. Karena tahi lalat yang normal bentuknya oval atau bulat. Dan permukaannya mulus.

Perbatasan tidak teratur.
Garis luar tahi lalat yang mebatasinya tidak jelas, dengan kulit berlekuk, bergigi, bergelombang dan tidak teratur

Terjadi perubahan warna
Tahi lalat normal berwarna hitam. Jika tahi lalat yang ada di badan anda mengalami perubahan warna, dan warnanya tidak merata, maka patut diwaspadai juga.

Diameter > 6mm
Jika ukuran diameter tahi lalat anda lebih besar dari 6 mm, dan lama kelamaan seiring bertambahnya waktu ikut membesar pula, bisa jadi ini salah satu dari gejaa melanoma

Tahi lalat Gatal dan Terjadi pendarahan
Jika tahi lalat yang anda miliki sehat, maka tidak akan merasakan gatal ataupun mengalami pendarahan. Namun jika sebaliknya bisa jadi ini adalah pertanda dai kenker kulit.


Nah jika anda sudah bisa mendiagnosis tentang kondisi tahi lalat anda sendiri, maka melanoma yang berbahaya bisa dicegah. Supaya bisa mencegah penyakit ini tidak menyerang anda, maka beberapa hal ini bisa anda lakukan

PENCEGAHAN GEJALA MELANOMA

Menghindari Dibawah Sinar Matahari Langsung
Disini maksudnya anda jangan terlalu lama berada dibawah sinar matahari langsung. Sinar matahari pada pukul 10 pagi sampai  sore tidak baik untuk kulit kita.

Menggunakan Tabir Surya
Setiap anda berpergian, sebaiknya menggunakan krim tabir surya, dengan SPF minimal 1. Oleskan ke seluruh tubuh yang sekiranya akan terkena matahari langsung. Gunakan secara teratur.

Gunakan Pakaian Pelindung
Gunakan topi, masker ataupun pakaian yang tidak tembus sinar matahari. Dan bisa menutup seluruh tubuh anda secara efektif dari sinar matahari.

Ada pepatah Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati. Semoga sedikit dari pengalaman saya, yang diduga terkena gejala melanoma bisa menambah wawasan dan pencerahan, khususnya bagi kaum hawa.





Daftar Pustaka :
http://www.alodokter.com/kanker-kulit-melanoma

http://health.liputan6.com/read/646672/melanoma-kanker-kulit-yang-ditandai-dengan-tahi-lalat