Awalnya Aku itu tidak suka memasak. Aku tidak suka memasak pada dasarnya mungkin karena aku malas untuk memasak. Menurut Aku memasak itu merepotkan. Aku ingn yang praktis, tidak perlu memasak hanya tinggal memakan saja. Pernah suatu saat memasak, tapi Aku tidak pernah memakan hasil masakan Aku. Entah kenapa, Aku tidak selera untuk mengkonsumsi masakaku sendiri. Itulah sebabnya kenapa Aku tidak suka Memasak. Itulah Aku sebelumnya.
Semenjak aku bekerja sebagai Staf Bidang Ketahanan Pangan BKP5K Kabupaten Bogor, sudah tiga kali aku mengikuti pelatihan yang berhubungan dengan Pengolahan Pangan (contoh: memasak). Nah dari sinilah, sedikit demi sedikit, aku mulai menyukai memasak. Dan pengetahuanku tentang resep serta cara memasak menjadi lebih meningkat.
Pengolahan pangan yang dilakukan merupakan salah satu upaya dalam mendukung Penganekaragaman / Diversifikasi Pangan. Penganekaragaman / Diversifikasi Pangan merupakan upaya untuk memantapkan atau membudayakan pola konsumsi pangan yang beranekaragam dan seimbang serta aman dalam jumlah dan komposisi yang cukup guna memenuhi kebutuhan gizi untuk mendukung hidup sehat, aktif dan produktif.
Nah, Nugget Ayam merupakan satu dari sekian ragam pangan, yang diolah dari daging ayam. Salah satu bentuk dari pegolahan pasca panen hewan unggas, yaitu ayam. Apakah tujuan dari pengolahan pasca panen? Berikut adalah tujuan dilakukan pengolahan pasca panen.
1.   Untuk meminimalkan kehilangan panen
2.   Meningkatkan masa simpan
3.   Mengotimalkan panen yang melimpah
4.   Meningkatkan nilai tambah
5.   Menyediakan bahan baku olahan yang terstandar
6.   Memudahkan penyimpanan
7.  Memudahkan distribusi
8.   Memberikan kepraktisan mutu

         Nugget Ayam merupakan hasil dari pengolahan pasca panen. Inilah salah satu resep yang Aku pelajari di Pelatihan yang pernah aku ikuti. Disini aku ingin berbagi resep dan cara membuat Nugget Ayam. Resep ini aku peroleh dari Bahan Ajar Diklat Diversifikasi Pangan, dengan Mata Diklat: Penanganan Pasca Panen dan Pengolahan Hasil Pekarangan Sumber Protein (Kedelai, Jagung, Daging, Susu dan Telur) yang disusun oleh Widyaiswara BBPKH (Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan) Kementrian Pertanian, Cinagara-Bogor,  yang bernama Elies Lasmini, S.Pt.,M.Si.
          Pembuatan Nugget cukup mudah. Alat yang digunakan disini : gilingan daging, pisau, penggorengan, pemanas, mixer, panci/wadah, loyang, pengukus dan kompor. 
Sedangkan bahan yang digunakan:
  • Daging ayam              : 1000 gram
  • Tepung maizena         : 150 gram
  • Bawang putih             : 20 gram
  • Merica halus              : 20 gram
  •  Gula pasir                  : 10 gram
  • Es Batu                     : 200 gram
  • Tepung roti/panir secukupnya
  • Bahan perekat, tepung  maizena 75 gram, terigu 25 gram dicampur dengan 100 ml air es
  • Alumunium foil

Cara Pembuatan Nugget Ayam cukup mudah, langkah-langkahnya  adalah sebagai berikut:
  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
  • Pisahkan daging ayam dari kulit, lemak dan tulangnya
  • Potong daging kecil-kecil (2x2 cm) dicampur dengan bumbu basah yang sudah dihaluskan
  • Giling dengan meat grinder campur dengan air es
  • Tambahkan pada gilingan tersebut dengan campuran (tepung meizena, merica halus dan gula pasir) aduk hingga rata
  •  Cetak adonan dalam loyang yang telah dilapisi minyak goreng atau alumunium foil
  • Tutup bagian atas adonan dengan alumunium foil
  • Masukan cetakan yang berisi adonan kedalam pengukus yang telah mendidih, kemudian kukus selam 15 menit ( matang)
  •  Keluarkan cetakan dari pengukus dan dinginkan
  • Iris adonan yang telah dingin dengan ukuran( 4x2x1) cm, atau bentuk sesuai selera
  • Masukan irisan adonan kedalam perekat, gulingkan kedalam tepung roti

-       Nugget ayam dapat langsung digoreng dengan satu tahapan atau Nugget langsung dikemas untuk disimpan dalam waktu lama didalam frizzer.
          Itulah cara pembuatan Nugget Ayam. Cukup mudah bukan?. Dari resep ini kita dapat ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) Maksudnya adalah dari resep dasar ini, kita bisa memodifikasi sesuai selera. Misaanya, di dalam bumbu ditambahkan lada hitam, pala sebagai tambahan aroma bumbu, atau dalam bahan nugget ditambahkan sayuran, sehingga nutrisi dalam Nugget selain mengandung protein dari daging ayam, juga mengandung vitamin dan mineral dari sayuran. Nugget ayam ini merupakan bahan makanan yang praktis untuk dimasak, Disini cukup disimpan di Freezer daya tahannya pun cukup lama. Dapat disimpan sampai 6 bulan dalam keadaan beku di freezer.
          Mudah bukan, cara membuatnya. Karena Pelatihan yang pernah Aku ikuti, sedikit demi sedikit Aku jadi suka memasak. Mudah-mudahan satu resep ini bisa menjadi inspirasi pembaca, khususnya Ibu rumah tangga untuk mengolah makanan  yang sehat dan bergizi serta praktis untuk dikonsumsi oleh keluarga.


5 Comments

  1. asyik asyik... nemu resep nugget di sini... kebetulan pengen bikin nugget sendiri, tapi males... bisa tolong bikinin sekalian? hahaha... ngelunjak :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja, mba Orin. :D ,, cm masalahnya ga punya dapur, dan belum ada waktu... hehe

      Delete
  2. Makasih info nya :)... kalau ada yg baru lagi boleh di share info lomba nya :)

    ReplyDelete