Mimpi, oh mimpi... Begitu banyak mimpi yang ingin diwujudkan...
Membaca GA nya Juara Blog Evrina, saya ingin berbagi  salah satu mimpi saya melalui blog ini. Semoga tahun ini secepatnya bisa diwujudkan.

“Perjalanan jauh diawali dari langkah yang kecil”. Bener ga ya? Haha..
Kalau salah tolong di koreksi ya...  Mimpi saya ingin memiliki tanah seluas 1 hektar yang didalamnya ada rumah sederhana yang dipekarangannya ada tanaman sayuran, buah-buahan, ternak dan ikan.  Dari rumah itu bisa tercipta Integarted Farming System sehingga saya bisa memenuhi kebutuhan pangan sendiri tanpa belanja ke pasar. Tapi itu target mimpi saya 5 – 10 tahun kedepan (saat ini baru bisa diupayakan dengan doa).

Untuk mimpi yang ingin saya wujudkan tahun ini adalah memiliki RPL (Rumah Pangan Lestari) hasil kerja sendiri, dan yang paling penting di rumah sendiri...


Saya sangat termotivasi oleh seorang Professor  di IPB Bogor yang mengajar tentang pekarangan selama 20 tahun. Dia sudah pernah mengajar di beberapa universitas terkenal di beberapa negara. Beberapa kali saya mendengarkan ceramah beliu baik  di FGD (Focus Group Discussion) atau rapat-rapat dinas yang pernah saya ikuti. Isi dari ceramah beliu adalah mengenai pemanfaatan pekarangan. Dan yang paling memotivasi saya dari ceramah beliau adalah kalimat “ Saya tidak hanya omong doang.... tapi saya mempraktekan sendiri di rumah saya”. Beliau memerlihatkan rumah dan pekarangan asrinya.

Kalimat sang professor itu aga menyindir saya juga, karena kebetulan saya juga sering memberikan motivasi untuk memanfaatkan pekarangan kepada kelompok wanita tani, tapi saya sendiri belum bisa mempraktekannya. Saya hanya bisa berteori saat ini. Yah maklum karena saya belum memiliki rumah sendiri untuk mewujudkan Rumah Pangan Lestari milik sendiri.

Tapi tahun ini, paling lambat akhir tahun, saya ingin bisa membuat Rumah Pangan Lestari milik sendiri. Minimal di rumah Sederhana yang sedang saya cicil saat ini. Memang belum jadi sih,,,. tapi semoga secepatnya bisa ditempati. Untuk mewujudkan mimpi ini baru sekitar 30%, karena rumah belum jadi. Untuk membuat Rumah Pangan Lestari baru bisa dimulai jika rumahnya sudah ada. Doakan cepat selesai aja yah... hehe

Rumahnya sederhana, tidak terlalu luas. Tapi dengan halaman sempitnya itu, saya berharap bisa memanfaatkan pekarangannya untuk menghasilkan sayur dan buah yang ditanam sendiri. Dari Rumah Pangan Lestari ini bisa menghasilkan sayur dan buah yang aman dikonsumsi. Dan sukur-sukur bisa menambah penghasilan saya. Siapa tau saya bisa jadi konsultan pekarangan yang dibayar mahal (mimpi lagiiii.... hihihihi).

Tapi harapan realistisnya sih semoga bisa menularkan juga ke tetangga-tetangga  di sekitar rumah. Sehingga mereka juga bisa memanfaatkan pekarangannya. Yang pada akhirnya  nanti bisa menciptakan lingkungan yang asri, sehat dan nyaman untuk ditempati.


Sebenarnya, seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa mimpi saya ingin memiliki rumah sederhana dengan halaman yang luas alias punya lahan 1 hektar. Tapi saya menyadari kemampuan saya saat ini terbatas. Jadi sementara hanya mampu untuk mewujudkan rumah sederhana dengan halaman yang tidak terlalu luas (ga salah kan kalau saya memiliki mimpi yang tinggi). Meskipun demikian, dari rumah sederhana ini bisa menjadi awal atau batu loncatan untuk kedepannya bisa mewujudkan memiliki rumah impian yang benar-benar saya dambakan.... aamiin.