Daun Suren
Dapak negatif dari penggunaan pestisida sintetis yaitu  berupa resurgensi ( peningkatan populasi hama sasaran lebih tinggi daripada tingkat populasi sebelumnya), resistensi, matinya populasi musuh alami dan pencemaran lingkungan melalui residu yang ditinggalkan, serta terjadinya keracunan pada manusia (Oka,1995).


Selain dampak negatif yang ditimbulkan seperti disebutkan diatas, harga dari pestisida sintesis ini relatif mahal. Oleh karena itu sebagai solusi dari kedua permasalahan tersebut, alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan membuat pestisida nabati yang memanfaatkan bahan-bahan hayati yang ada di sekitar kita. Salah satu contoh lokasi adalah di Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Di Desa Parakan Garokgek ini,  saya melihat ada banyak Pohon Suren (Toona surent). Dari pohon suren, daunnya  bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk membuat Pestisida Nabati.


Cara Pembuatan Pestisida Nabati

Kandungan kimia daun suren
Mengandung surenon, surenin dan surenolakton

Cara kerja
Mempengaruhi aktifitas makan, gangguan pada sistem reproduksi, bersifat mengusir hama.

Cara kerja pembuatan pestisida alami
Daun ditumbuk halus, direndam dalam air dengan konsentrasi 25-50 gram/liter air selama 24 jam, sehingga didapatkan larutan pestisda nabati yang siap diaplikasikan.

OPT sasaran
Tungau, welang sengit, kutu kebul, ulat dan kutu daun.

Membuat pestisida nabati ini mudah. Selain itu juga murah. 



 .... Selamat Mencoba !!! ....



DAFTAR PUSTAKA:
  • Anonim, 2001, Pengenalan Tanaman Pestisida nabati. Bagian Proyek Pengendalian Hama Terpadu Perkebunan Rakyat Jawa Barat. Bandung.
  • Kardinan, Agus. 2000. Pestisida Nabati Ramuan dan Aplikasi. PT Penebar Swadaya. Jakarta.
  •  Photo Dokumentasi : Atiek Eliafatin, S.Pt. Muhroji, S.ST.
  • Modul : Mengenal Pestisida Nabati dan Cara Pengolahannya.