Perkembangang Phow dari 1 Bulan sampai sekarang

Kenapa sih kita memelihara kucing?
Kenapa sih kita menyayangi kucing?
Kita disini yang saya maksud Cat Lover yah .. 
Pasti masing-masing dari kita sebagai Cat Lover memiliki alasan kenapa kita menyukai kucing, kemudian memeliharanya dan kemudian menyayanginya.

Me n My Phow
Nah kalau saya sudah menyukai kucing semenjak masih kecil ketika saya sekolah di Taman Kanak-Kanak. Dari kecil hingga sekarang sudah lebih dari 10 ekor kucing yang saya pelihara. Jadi kalau dirata-ratakan tiap tahun, kucing yang saya pelihara adalah  dua ekor kucing. Kucing yang saya pelihara biasanya berjenis kelamin jantan, supaya tidak berkembang biak dan merepotkan seisi rumah, hehe.

Saya bersyukur, karena diberi sifat menyukai binatang seperti kucing. Bagi saya kucing itu seperti teman yang bisa menghibur dikala saya sedang "BT" berat, atau cape habis. Cukup diam saja dengan memperhatikan tingkah lucu mereka, sudah bisa membuat saya tertawa dan itu merupakan hiburan tersendiri bagi saya. Bentuk fisiknya yang imut, perilakunya yang lucu, dan sifat manjanya itu yang membuat saya jatuh hati pada  hewan berbulu ini. 

Phiu & Phow
Saat ini saya memiliki dua ekor kucing yang  dipelihara dari umur 1 bulan. Kucing saya terdiri dari satu ekor kucing lokal (kampung) dan satu ekor kucing ras (persia).  Phiu si kucing kampung dan Phow si kucing Persia. Biarpun berbeda jenis tapi kedua kucing saya hidup akur seperti saudara kandung.


Sebagai Cat Lover, sebaiknya kita menambah pengetauan tentang tahapan perkembangan kucing. Jadi kita bisa tahu apakah kucing kita sehat atau sakit, apakah kucing kita sedang senang, atau sedang marah. Ga salah kan menambah wawasan tentang per"kucing'an ini, hehe...





TAHAPAN PERKEMBANGAN ANAK KUCING BERDASARKAN USIA

Usia 1 Bulan
  • Gigi Mulai terbentuk
  • Dimulainya masa penyapihan
Usia 1,5  Bulan
  • Mulai mengigit-gigit, bermain dan mengunyah
  • 70% perkembangan otak dewasa telah terjadi
Usia 3 Bulan
  • Interaksi dengan lingkungan
  • Mengenali nama sendiri
  • 90% dari otak dewasa telah terbentuk
Usia 4 Bulan
  • Mulai mengenali beberapa perintah seperti panggilan nama
Usia 5 Bulan
  • Tanyakan ke dokter hewan, kapan waktu terbaik untuk melakukan vaksinasi lengkap
  • Mendekati berat dan tinggi untuk kucing yang ideal
Usia 6 Bulan
  • Menikmati permainan dan memainkan benda di sekitar
  • Dapat merespon permainan yang kita berikan
Usia 7 Bulan
  • Gigi susu sudah lepas dan digantikan gigi permanen
Usia 8 Bulan
  • Anak kucing dapat menahan untuk tidak buang air selama 8 jam
Usia 9 Bulan
  • Anak kucing sudah dapat mengenali masing-masing anggota keluarga yang ada di rumah
Usia 12 Bulan (Dewasa)
  • Pematangan seksual untuk kucing jantan dan betina
  • Perkembangan akhir panjang badan dan berat ideal kucing
  • Tulang dan persendian telah berkembang maksimal mengikuti jeis ras dari kucing
  • Saatnya di vaksinasi rabies
Nah itulah yang sebaiknya kita tahu dari kucing yang kita sayangi.
Dibawah ini adalah tingkah lucu dari kucing saya yang bernama Phow, yang lagi suka bermain "Lempar-Tangkap". mirip-mirip tingkah anjing yang suka main freesbe. 


2 Comments

  1. Nice sharing teh Ani, emang kucing hewan yg lucu, wawasan ttg kucingnya luas aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini belajr dari pengalaman, dan jg hasil, browsing atau baca2 hehe

      Delete