Dear Diary,...
Supaya dapat hidup sehat, aktif dan produktif sehingga bisa melakukan aktifitas apapun yang bermanfaat, salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang bergizi  dan aman dari bahan berbahaya. Buah-buahan merupakan sumber Vitamin dan Mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dan fungsinya  sangat vital, serta manfaatnya juga banyak.
Sehat Bersama Sunpride

Melalui blog ini, saya ingin berbagi pengalaman My 7-Days Fruits Diary : Tetap Sehat Bersama Sunpride. Selama bulan ramadhan tahun ini saya mengkondisikan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dibandingkan  dengan bulan-bulan biasa. Sebenarnya dibulan ramadhan ini porsi makan tidak berubah, hanya jam makannya saja yang berubah, Jumlah makanan yang dibutuhkan sebagai asupan energi tetap sesuai kebutuhan metabolisme tubuh dan juga sesuai aktivitas , jenis kelamin serta usia.

Pola makan B2SA yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman sudah saya terapkan dalam keseharian. Buah-buahan termasuk ragam pangan yang wajib di konsumsi di pola makan B2SA ini. B2SA merupakan salah satu program pemerintah yang mendukung Program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan dan Gizi (P2KP). Tujuan dari program ini adalah menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, sehat, aktif dan produktif sehingga bisa membangun bangsa Indonesia ini lebih baik lagi kedepannya. Termasuk saya juga ingin lebih baik lagi dan selalu sehat.

Supaya jumlah energi yang dibutuhkan tepat tidak berlebih ataupun kurang khususnya untuk saya pribadi, maka pola makan yang saya terapkan sehari-hari adalah seperti  anjuran B2SA tersebut yang dapat dilihat pada Tabel Di Bawah ini:

Tabel Komposisi Makanan

Nah berdasarkan Tabel yang bersumber dari Departemen Kesehatan Tahun 2005 ini, dalam sehari saya mengkonsumsi buah-buahan adalah 5 porsi atau setara dengan 250 gram (beragam jenis buah). Porsi itu adalah takaran yang dianjurkan berdasarkan kebutuhan energi untuk wanita dewasa dengan kisaran umur antara 30-49 Tahun.
Porsi minimal satu hari buah-buahan

Dari sinilah, saya berusaha disiplin, minimal dalam  sehari ( 24 jam) dengan waktu yang tidak terikat, apakah itu pagi, siang atau sore, minimal saya harus makan buah seberat 250 gram. Tapi jumlah juga tidak harus selalu pas di angka  250 gram loh, terkadang saya  memakan buah lebih banyak dari 250 gram . Karena buah tidak berbahaya jika dikonsumsi berlebih. Berbeda dengan daging atau lemak jika dikonsumsi berlebih bisa menyebabkan penyakit berbahaya. Dan yang harus kita perhatikan, buah-buatan itu bagus dikonsumsi 30 menit sebelum makanan utama. Jadi buah-buahan ini sebenarnya fungsinya adalah sebagai makanan pembuka, bukan makanan penutup.

Kenapa kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan? Sebenarnya apa sih manfaat dari buah-buahan ini. Nah, makanya kita perlu tau dong kenapa makan buah itu penting. 

Mafaat mengkonsumsi buah-buahan adalah sebagai berikut:
  1. Mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh
  2. Meningkatkan  sistem kekebalan tubuh sehingga tahan terhadap penyakit
  3. Karena mengandung serat, maka akan menyehatkan saluran pencernaan
  4. Memperkuat tulang karena ada buah-buahan yang mengandung kalsium
  5. Bisa menghilangkan stress bagi buah-buahan yang mngandung kalium
  6. Menurunkan tekanan darah bagi yang menderita hipertensi
  7. memberikan energi karena ada beberapa buah yang memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang cukup tinggi
  8. Sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas
  9. Mencegah penyakit jantung
  10. Mencegah penuaan dini
  11. Melangsingkan bagi yang ingin langsing
  12. Mencegah kanker
  13. Mengendalikan kolesterol jahat
  14. Melawan infeksi
  15. Mempercepat penyembuhan
  16. Dan masih banyak lagi
Sungguh sangat banyak sekali manfaat mengkonsumsi buah-buahan ini bukan? Setiap buah memiliki khasiat dan manfaat yang berbeda. Yang pasti mengkonsumsi buah-buahan itu menyehatkan tubuh kita, selama kita mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan kita.

Cintai Buah Lokal

Kembali ke pengalaman My 7-Days Fruits Diary : Tetap Sehat Bersama Sunpride, disini saya ingin berbagi cerita keseharian  selama tujuh hari mengkonsumsi buah-buahan segar. Disini ada yang dimakan langsung tanpa diolah, ada juga yang saya olah terlebih dahulu dengan resep sederhana.  Supaya tidak bosan, dan lebih variatif.


Inilah ceritaku di MY 7-DAYS FRUITS DIARY


DAY ONE : Selasa, 14 Juli 2015
H-2 Sebelum Cuti bersama. Untuk buka puasa hari itu saya membuat salad buah. Karena terpengaruh iklan di televisi, jadi  ingin makan salad buah untuk waktu berbuka. Kebetulan di rumah tersedia buah pear (Golden Pear), semangka, pepaya  California  dan mayonaise. Inilah makanan takjil,yang menyegarkan dan menyehatkan.
Salad Buah

DAY TWO: Rabu, 15 Juli 2015
Saya sudah pulang kampung di Bandung. Karena ingin santai setelah perjalanan yang cukup melelahkan dari Bogor, dimana pada suasana mudik ini jalanan sangatlah macet, maka untuk membahagiakan diri sendiri, sesuatu yang manis, ranum dan segar bisa menjadi obat yang mujarab. Dirumah tersedia Jambu (Guava). Habis maghrib ditemani ponakan sambil nonton Sinetron Komedi  Preman Pensiun langsung melahap Jambu (Guava) yang segar... santai tapi tetap sehat, asik nyaaaaa. .
Ponakan Tersayang Doyan Makan Guava ama Tantenya

DAY THREE : Kamis, 16 Juli 2015
Pisang Cavendish  yang manis diiris tipis,  dibubuhi dengan ice cream rasa stoberry dan disiram dengan susu kental manis rasa coklat,,, ehmm suegerrr deh. Takjilku di puasa hari terakhir dibulan ramadhan rasanya mantap.
Banana With Strawberry Ice Cream and Chocolate Milk 

DAY FOUR : Jumat, 17 Juli 2015
Alhamdulillah lebaran pun tiba. Saya  bersyukur masih bisa merayakan lebaran dengan berkumpul bersama keluarga tercinta. Dihari lebaran ini, saya membuat Sop Buah sederhana untuk disantap bersama, Bahan untuk membuat sop buah ini adalah buah, susu, sirup dan air es. Ada tiga macam buah dalam sop buah ini, yaitu mangga, pear dan pepaya. Cara membuatnya  mudah, buah dikupas kemudian dipotong kecil-kecil. Potongan buah dimasukan ke wadah kemudian diberi susu kental manis dan air secukupnya sesuai selera. Berkah lebaran, salah satunya dengan bersyukur bisa menikmati buah-buahan bersama keluarga.
Sop Buah

DAY FIVE : Sabtu, 18 Juli 2015
Hari kedua lebaran, siap-siap makan-makan di kampung bersama sanak saudara, Bersilaturahmi saling bermaafan. Sebelum pergi saya menyiapkan cemilan buah-buahan (Cut Fruit) untuk menemani di perjalanan. Perkiraan saya di perjalanan menuju rumah saudara tidak akan selancar seperti hari-hari biasa. Supaya tetap segar dalam kemacetan dan panasnya perjalanan,memakan buah-buahan bisa menghilangkan BT alias Bad Mood atau Stress selama di perjalanan, hehe.
Cemilan Buah Segar (Mangga GEdong Gincu, PEpaya California, Golden Pear dan Semangka)

DAY SIX: Minggu, 19 Juli 2015
Gara-gara kebanyakan makan daging rendang waktu lebaran, saya aga sulit untuk buang air besar. Untunglah ada Pepaya California, karena masih suasana libur, saya bisa istirahat di rumah sambil menyantap buah pepaya sepuasnya, dan Alhamdulillah lancar juga mengeluarkan limbah dalam tubuh.... 
Pepaya California

DAY SEVEN : Senin, 20 Juli 2015
Saat nya balik ke perantauan setelah mudik. Di perjalanan saat mudik panas dan macet pula, sehingga sampai di rumah haus berat. Minuman manis yang segar bisa menghilangkan haus berat ini. Minuman sejenis Milkshake atau Smoothies jadi pilihan. Didalam lemari es masih ada Pisang Cavendish dan Ice Cream serta biskuit oreo, maka jadilah Banana Strawberry Ice Cream Smoothie with oreo ( resep modifikasi sendiri, resep dasarnya saya lihat di www.sunpride.co.id ), karena bikinnya banyak dan yang makan cuma satu orang sisanya dibuat es bonbon, biar bisa dimakan kapan saja.
Olahan dari Pisang Cavendish

Nah itulah cerita saya selama tujuh hari "My 7-Days Fruits Diary"  mengkonsumsi buah-buahan. Harapannya badan selalu sehat dengan buah-buahan itu. 


Oh iya, sebai informasi saja buah-buahan yang saya beli sebagian ber-merk Sunpride. Biasanya saya membeli buah tanpa memperhatikan merk buah tersebut. Karena awalnya saya berfikir  buah yang bermerk atau tanpa merk akan sama saja. Tapi saya menyadari, buah yang tanpa merk penanganan serta  kualitasnya belum tentu terjamin 100% bagus, sehat dan aman untuk dikonsumsi. Nah Sunpride memberi jaminan itu. Kenapa???  Sunpride memberikan produk terbaik yang aman di konsumsi, jadi kita tidak perlu khawatir buah tersebut mengandung pestisida atau formalin atau zat berbahaya lainnya. Karena produk dari Sunpride sudah diuji dan dikalibrasi oleh Sucofindo sehingga terjamin mutu dan keamanannya.

Yang paling membanggakan bagi saya dari Sunpride adalah buah-buahan nya merupakan buah lokal  yang kualitasnya tidak kalah dnegan buah internasioanal. Disini Sunpride  memberdayakan petani lokal. Luar biasa bukan, dengan membeli produk Sunpride ini, kita sudah membantu para petani di negeri kita, secara tidak langsung membantu mensejahterakan mereka. Dan yang pasti kita harus selalu mencintai produk lokal, apapun itu tidak hanya buah-buahan saja.
My Favorite Fruit : Golden Pear

Daftar Pustaka:
- www.sunpride.co.id
- Pedoman Umum Lomba Cipta Menu, Kemetrian Pertanian RI Tahun 2014
http://aprikull.blogspot.com/2014/09/sudah-b2sa-kah-makanan-yang-kita.html