Beberapa bulan yang lalu teman saya yang bekerja sebagai PNS yang berasal dari Kabupaten Bangka Selatan , meminta tolong untuk dicarikan kamar hotel di Bogor. Saat itu Dia ada tugas dari kantornya untuk Meeting yang lokasi nya berada di sekitaran IPB Convention Center ( IPB CC). Melalui telfon, Dia bilang “ An , tolong cariin Hotel dong yang lokasinya tidak terlalu jauh dari IPB CC dan tarifnya tidak lebih dari Rp.500 rb.”

Saya sih dengan  seneng hati bisa menolongnya untuk mencarikan hotel di Bogor . Karena sekarang mencari hotel kan gampang. Kalau dulu, bisa jadi mencari hotel bisa memakan waktu dan tenaga yang melelahkan. Kalau sekarang gampang banget. Cukup duduk manis, buka smartphone... cari deh Hotel sesuai dengan yang kita inginkan.

Untunglah berkat kemajuan teknologi, dan kemajuan dunia digital yang pesat, memesan kamar hotel di era sekarang tidak sulit. Thanks To Traveloka, saya bisa membantu teman saya mencarikan hotel di Bogor untuk perjalanan dinasnya  selama tiga hari.

Ketika saya diminta tolong untuk mencarikan hotel dengan budget dibawah Rp.500 rb rupiah  per hari, otomatis otak saya langsung menjawab Traveloka. Sebelum saya memilihkan hotel yang tepat untuk teman saya, saya menanyakan terlebih dahulu, kira-kira selain tarif dibawah Rp.500 ribu, kriteria lainnya apa lagi dari  hotel  yang dia inginkan.

Saat itu teman saya menginginkan hotel yang tidak terlalu jauh dengan tempat Meeting nya. Dia bilang, kalau bisa hotel yang dipesankan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Maklumlah, dia tidak membawa kendaraan dinas sendiri dan alasan lainnya karena takut nyasar. Dia juga ingin hotelnya nyaman dan bersih, kalau bisa minimal hotel kelas 3 disesuaikan dengan biaya yang dianggarkan oleh kantornya.

Ah, dalam hati... “gampang itu mah, kan ada Traveloka” waktu saya tidak akan terbuang habis hanya untuk mencari hotel, seperti yang teman saya inginkan.

 “ Temanku, kamu akan mendapatkan Hotel yang Kamu Mau, Kan Ada TRAVELOKA .. “ (dalam hati saya, hehe)

Saya buka aplikasi Traveloka yang sudah ada di smartphone,  kemudian saya pilih lokasi yang diinginkan teman... Dapat deh , GAK PAKE LAMA.

Setelah dapat hotel yang diinginkan, dan selama tiga hari dia menginap disana, dia merasa senang dan puas dengan hotel yang saya pilihkan. Saya pun sangat senang sekali, karena teman saya tidak kecewa. Disisi lain saya juga senang karena gara-gara dia meminta bantuan saya, saya jadi bisa dapat point gratis deh dari Traveloka, (menyelam sambil menangkap ikan, hehee... )

Nah, saat menjelang pulang teman saya teringat, bahwa untuk bukti pertanggung-jawaban harus ada bukti pembayaran (nota) atas nama dia, sebagai bukti dia sudah menginap di hotel di Kota Bogor. Well... sebelumnya hal itu tidak terfikirkan oleh saya. Teman saya sempat panik juga saat itu, karena kalau tidak ada bukti bayar hotel maka dia tidak akan mendapatkan penggantian uang biaya menginap di hotel.

Saya dan teman saya meminta bukti pembayaran di hotel tempat dia menginap. Tapi pihak hotel , tidak bisa memberi bukti pembayaran, alasannya adalah karena saya memesan hotel dari Traveloka, maka  yang bisa mengeluarkan bukti pembayaran atas nama teman saya adalah Pihak Traveloka. Sempat kaget dan panik saat itu, sempat pasrah juga kalau uang pribadi untuk menginap di hotel tidak diganti alias hangus.

Tapi, berkat pengalaman ini saya jadi tahu, ternyata saat itu saya kurang teliti ketika membaca email dari Traveloka. Alhamdulillah, ternyata dalam email yang dikirimkan oleh Traveloka ada surat yang menerangkan bahwa teman saya sudah memesan hotel, untuk waktu tiga hari dan ada keterangan biayanya juga. Ahhhhh... senang banget, karena isi dari email itu bisa digunakan untuk bukti pertanggung-jawaban dari perjalanan dinas teman saya.

Dari kejadian ini saya jadi tahu untuk kedepannya jika nanti kantor saya perlu hotel yang lengkap dengan bukti administrasi yang diperlukan, saya cukup memesan dengan menggunakan Traveloka. Jujur saja, selama ini kalau saya traveling ke luar daerah, jika menggunakan uang pribadi,  tidak butuh print-out bukti pembayaran , hehe... toh pake uang pribadi.

Oh, iya Thanks To Traveloka mencari hotel dimana saja dan kapan saja bisa dilakukan dengan mudah. Saya memiliki beberapa aplikasi travel di Smartphone saya, dan Traveloka adalah aplikasi yang sering saya gunakan untuk mencari hotel.

Inilah 4 (empat) Alasan kenapa sebaikna kita menggunakan Traveloka untuk  memesan hotel :

1. Bukan Cuma murah, tapi harganya juga jujur

Setelah mencoba dan membandingkan dari beberapa aplikasi , Harga hotel yang ditawarkan memang jujur, selain itu juga termasuk murah. Harga yang ditawarkan   di Traveloka sudah harga akhir, tidak ada embel-embel harga tambahan lainnya seperti biaya booking hotel, administrasi hotel, pajak dan lain sebagainya. Jadi apa yang kita lihat di aplikasi, itu adalah harga yang dibayarkan.

2. Kemudahan cara pembayaran

Selama ini, jika saya memesan hotel di Traveloka saya memilih metoda pembayaran Transfer. Bagi saya ini mudah dan praktis, selain itu jika Bank tujuan sama, tidak ada biaya tambahan lainnya. Dan juga secara otomatis pihak Traveloka bisa mendeteksi jika kita sudah melakukan pembayaran.  Selain dengan cara transfer, bagi anda yang menggunakan Traveloka bisa melakukan pembayaran dengan cara lain seperti menggunakan Kartu Kredit, ATM, CIMB Click, BCA Klikpay, Mandiri Debit, Indomaret, dan Alfamart.

3. Kebutuhan travel terjawab di satu tempat

Di Traveloka, selain membooking kamar hotel dan  tiket pesawat di satu tempat. Cara ini lebih praktis, dan menghemat waktu, bagi mereka-mereka yang membutuhkan kemudahan antara paket tiket pesawat dan hotel.

4. Traveloka Best Price Guarantee.

Ini yang paling saya sukai dari Traveloka. Di Traveloka, kita bisa mengklaim atau minta ganti jika ternyata kita membeli tiket lebih mahal di bandingkan situs atau aplikasi travel lain, khusus untuk pesanan pesawat dan hotel.

Itulah Empat Alasan kenapa saya ,atau anda atau kita sebaiknya memesan hotel melalui aplikasi Traveloka.

Yang lainnya yang perlu kita ketahui juga, selain dari 4 (empat) alasan diatas Traveloka memberikan jaminan StayGuarantee

Dibawah ini adalah 9 Tanya-Jawab Tentang StayGuarantee. Yang perlu kita ketahui.

1. Apa itu StayGuarantee?

Stay Guarantee adalah jaminan dari Traveloka yang memastikan kita dapat menginap di akomodasi yang telah kita pilih, ucapkan selamat tinggal pada chek in.

2. Siapa yang dapat melakukan Klaim atas StayGuarantee?

Siapapun yang memesan akomodasi melalui Traveloka App, desktop atau mobile web dengan pengaturan negara “Indonesia” berhak melakukan klaim atas StayGuarantee. Bukan berarti mitra hotel Traveloka akan menolak pesanan kita, namun apabila hal ini terjadi, Kita dapat mengklaim StayGuarantee dengan mudah.

3. Bagaimana cara mengajukan klaim StayGuarantee?

Kita bisa mengajukan klaim atas StayGuarantee melalui Traveloka App (versi minimum 2.9) atau melalui Customer Service 24 Jam. Kita bisa mengunjungi halaman Cara Klaim untuk Info lebih detail.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses klaim garansi?

Tim Customer Service Traveloka akan menghubungi dalam waktu 24 Jam setelah permintaan klaim diajukan untuk mengabarkan status klaim kita. Apabila kita berhak untuk mendapatkan refund penuh, proses refund akan memakan waktu 5 ( lima) hari setelah pihak Traveloka menerima dokuman lengkap kita

5. Bagaimana kita mengetahui apakah klaim  disetujui atau tidak?

Tim Customer Support Traveloka akan menghubungi  melalui telepon atau email dalam waktu 24 jam setelah permintaan klaim diajukan

6. Mengapa Klaim  ditolak

Persetujuan Klaim untuk setiap pengajuan akan ditentukan berdasarkan masing-masing kasus. Informasi lengkap mengenai hal ini dapat  di lihat di halaman Syarat dan Ketentuan StayGuarantee.

7. Apakah ada batas waktu untuk mengajukan Klaim?

Klaim dapat diajukan dalam jangka waktu satu hari setelah tanggal chek-in. Dan selambat-lambatnya tiga hari setalh tanggal chek-out.

8. Saya baru mengetahui bahwa Traveloka menawarkan fitur StayGuarantee. Apakah saya dapat melakukan klaim untuk pemesanan lama saya yang sudah tidak berlaku?

Klaim hanya dapat dilakukan selama pemesanan masih aktif

9. Mengapa saya tidak dapat melakukan klaim garansi?

Tombol Klaim Garansi”, akan muncul pada Voucher hotel 1 hari setelah tanggal check-in , hingga 3 hari setelah tanggal check-out. Pastikan Voucher diperikasa dalam jangka waktu ini.


Nah itulah 9 hal penting yang bisa kita ketahui tentang StayGuarantee... jika masih ingin tahu lebih lanjut bisa meluncur ke www.traveloka.com .

Siapapun teman saya yang minta bantuan untuk dipesankan kamar hotel, dengan senang hati akan saya bantu, Traveloka adalah aplikasi yang terpercaya dan bisa memberikan pelayanan yang baik kepada konsumennya. Saya sudah merasakan dan mengalami sendiri, kemudahan-kemudahan ketika memesan tiket pesawat ataupun kamar hotel.

Thanks To Traveloka, Memesan Hotel menjadi Mudah. Thanks To Traveloka #JadiBisa istirahat dan tidur dengan nyaman di hotel yang direkomendasikan di aplikasi Traveloka. Semua yang berhubungan dengan traveling #JadiBisa dengan Traveloka.

Video di bawah ini adalah cara begitu mudahnya memesan hotel, sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. Semoga bermanfaat bagi semuanya yah...