Setahun yang lalu, tanpa sengaja saya membuang biji pepaya di pekarangan rumah. Ternyata biji-biji pepaya itu tumbuh menjadi bibit-bibit pepaya. Karena tumbuh tidak beraturan, bibit pepaya itu saya pindahkan kedalam polybag kecil berukuran 12 x 15 cm. Media tanam yang saya isikan dalam polybag yaitu campuran dari sekam bakar , tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.  Dan akhirnya saya jadi  memiliki 21 bibit pohon pepaya. Gratis ... hehe.

Awalnya sempat terfikir untuk menjual bibit-bibit pohon pepaya itu ke para tetangga. Namun setelah difikirkan lagi, saya putuskan untuk membagikan secara gratis bibit tersebut kepada tetangga-tetangga saya. Harapan saya adalah yang utama karena ingin dapat pahala dari Allah. Harapan saya yang lain adalah agar, pekarangan mereka lebih asri dan sejuk, serta mereka bisa menikmati buah pepaya dari pekarangannya sendiri tanpa membeli.

Rumah saya berada di perumahan yang baru dibangun pada tahun 2014. Saya baru menempati rumah ini tepatnya  pada tanggal 12 April 2015 lalu. Perumahan ini mulai berpenghuni agak banyak pada pertengahan tahun 2015. Karena perumahan yang saya tempati sederhana, pekarangannya pun tidak begitu luas. Rata-rata luas pekarangan rumah kami adalah sekitar 36 meter2 . Namun meskipun demikian, masih bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman sayuran, buah ataupun tanaman hias.


Nah, tanpa sengaja, saya memiliki banyak bibit pohon pepaya tadi.  Sehingga saya memiliki pohon pepaya di pekarangan rumah saya. Saya menyebut menanam pepaya itu mudah, karena memang saya tidak mengalami kesulitan. Selain itu juga dalam perawatan tidak merepotkan dan tidak menyita banyak waktu. Ini berdasarkan pengalamna saya saja loh. Dan setiap orang pasti memiliki pengalaman yang berbeda.

Disini minimal saya ingin mengajak para tetangga dan pembaca sekalian untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya. Sehingga rumah bisa menghasilkan pangan yang sehat. Yang bisa kita konsumsi untuk seluruh anggota keluarga kita. Selain itu juga, jika di pekarangan kita tersedia sumber pangan, minimal sayuran , buah ataupun tanaman bumbu, semua itu bisa menghemat pengeluaran belanja bulanan para ibu rumah tangga. Sukur-sukur pada akhirnya rumah kita bisa di sebut Rumah Pangan Lestari (RPL) . Dan di lingkungan rumah kita terbentuk Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Jadi bagi yang belum menanam pohon pepaya, atau bagi yang ingin menanam pohon pepaya di pekarangan yang sempit, bisa dipraktekan dengan  mudah. Intinya ketika kita menanam suatu tanaman atau pohon, yang harus kita perhatikan adalah, jenis bibitnya, pemupukannya, dan kecukupan air dan sinar matahari. Pengalaman saya dalam menanam pohon pepaya ini, ketika baru dipindahkan dari polybag ke tanah di pekarangan, saya memberi pupuk kandang di awal tanam saja. Untuk penyiraman, saya lakukan dua kali sehari. Tapi jkia musim hujan saya tidak melakukan penyiraman. Dan pohon pepaya yang saya tanam ini sudah saya panen ketika bulan puasa lalu, tepatnya juli 2016. Sampai sekarang, pohon pepaya ini terus memberikan buahnya. Hampir tiap hari saya bisa menikmati buah pepaya yang berdaging merah dan manis. Alhmadulillah ^^

Ohh iya, pepaya yang ditanam di pekarangan saya adalah pepaya California. Pepaya California merupakan pepaya asli Indonesia, meski di beri nama California seperti nama salah satu kota yang ada di Amerika. Pepaya California ini di kembangkan oleh Prof Sriyani dan kawan-kawan di Institut Pertanian Bogor. Jika ingin benih pepaya ini,  benih bisa di beli di toko-toko pertanian yang menjual benih. Harga beragam tergantung jumlah benihnya. (bisa tanya mbah google untuk info yang lebih lengkap yaaa..)

Ini pastilah bukan suatau kebetulan, meskipun disebut tanpa sengaja. Bibit-bibit pepaya tumbuh di pekarangan rumah saya, mungkin karena saya adalah penyuka buah pepaya. Buah pepaya banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Mau tau manfaatnya? Inilah manfaat buah pepaya bagi tubuh kita.

Sebagai Anti Oksidan
Bagi yang sering beraktifitas diluar ruangan, dan sering terkena terik matahari atau debu dan asap , maka pepaya bisa memberikan antioksidan untuk tubuh kita sehingga bisa melindungi kita dari radikal bebas atau kanker. Pepaya kaya akan nutrisi seperti karoten, vitamin C dan flavonoid, vitamin B, asam folat dan pantotenat, mineral, kalium dan magnesium serta serat.

Mengencangkan Payudara
Bagi para wanita yang ingin payudaranya tetap kencang, rajin-rajinlah mengkonsumsi pepaya. Pepaya mengandung enzim , yang dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal dan ideal.

Mencegah penyakit jantung.
Pepaya mengandung nutrisi yang mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh yang dapat menyebabkan plak.  Plak ini  dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke

Membuat awet muda.
Tua itu pasti, tapi kita sebagai manusia bisa berusaha untuk memperlambat proses penuaan pada tubuh kita. Nah kadar vitamin C yang terkandung dalam buah pupaya, diyakini bisa membuat kita awet muda. Kadar vitamin C pepaya lebih besar 48 kali lipat dibandingkan buah apel. Buah pepaya sebagai detoksifikasi, sehingga membuat kulit kita tetap segar tidak usam dan keriput.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Supaya tidak mudah sakit, jangan lupa untuk selalu makan pepaya. Karena pepaya kaya akan vitamin A dan C yang manfaatnya adalah memberikan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Pelangsing Tubuh
Bagi yang memiliki berat badan berlebih, mengkonsumsi buah pepaya bisa menjadi solusi alami. Karena pepaya dapat menguruskan tubuh. Caranya adalah dengan mengkonsumsi pepaya muda secara rutin. Pepaya muda ini dapat menghasilkan enzim dua kali lipat dari pepaya matang, dimana fungsinya adalah sebagai pengurai lemak dalam tubuh. Mudah kan untuk mereka yang ingin tubuhnya lebih langsing. Bisa dicoba...

Ayo, bagi yang pekarangannya masih kosong, bisa ditanami dengan pohon pepaya yang banyak manfaatnya ini. Pepaya ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh  kita dan  juga bisa memberikan manfaat bagi lingkungan disekitar rumah kita.


Foto dibawah adalah foto dari rumah saya dan tetangga saya, yang menanam pohon pepaya di sekitar rumah.

Pohon Pepaya di dalam Pekarangan Rumah Saya

Pohon pepaya di tetangga depan rumah saya

Pohon pepaya yang ada di rumah tetangga

Pohon Pepaya yang ada di Rumah Tetangga

Pohon Pepaya di rumah belum berpenghuni



Sumber pustaka :

3 Comments

  1. Mau juga nanam pepaya,,,itu jenis pepaya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. pepaya california pak, iya menanam sendiri lebih asik.. hehe

      Delete
  2. pepaya di rumah malah mati, selamat teh ani berhasil membudidayakannya

    ReplyDelete